Ikan Toman (Channa micropeltes)

Ikan Toman (Channa micropeltes
    Channa micropeltes termasuk famili Channidae, klas Actinopterygii, merupakan spesies yang dapat mencapai ukuran terbesar pada famili ini. Dikenal juga dengan nama ikan toman (Sumatera, Malaysia), gabus tobang (Kalimantan), Giant snakehead atau Red snakehead.
Ikan toman yang masih berukuran benih berwarna merah dengan garis-garis jingga dan hitam pada pada sisi kiri kanannya, yang muncul pada umur sekitar 2 bulan. Sedangkan pada toman dewasa, garis-garis tersebut hilang dan muncul pola yang berwarna hitam dan putih pada tubuh bagian atas.
Ikan ini dapat ditemukan di danau, sungai, saluran-saluran air dan waduk. Toman dapat mencapai ukuran panjang lebih dari 1 meter dengan berat lebih dari 20 kg. Tersebar di perairan umum subtropis dan tropis di Asia Tenggara dan India.
    Kebiasaan makannya adalah karnivora, ikan ini merupakan predator yang dapat memangsa berbagai jenis ikan, amfibi, juga burung-burung kecil. Seperti gabus-gabusan lainnya, pada saat akan mulai memijah, ikan ini akan membersihkan vegetasi dimana akan dijadikan tempat memijah. Setelah memijah, telur-telurnya mengambang di permukaan air dan akan dijaga oleh induknya. Penjagaan tersebut dilakukan terus setelah menetas hingga anakannya dapat berenang. Di Sumatera Selatan, ikan ini umumnya dikonsumsi segar dengan cara digoreng atau dimasak sup ’pindang’. Untuk ikan yang berukuran kecil kurang dari 0,5 kg dapat diolah menjadi ikan asin.
BADAN RISET KELAUTAN DAN PERIKANAN
BALAI RISET PERIKANAN PERAIRAN UMUM
Jl. Beringin 308 Mariana – Palembang 30763
Telp. (0711) 537194 Fax. (0711) 537205
Email : brppu_palembang@yahoo.com
Penyunting: Dina Muthmainnah, M.Si.
Nurwanti, S.Ikom.
 

No comments:

Post a Comment